Rabu, 08 Januari 2014

WAP (Wireless Aplication Protocol)

WAP (Wireless Aplication Protocol)

Wap adalah suatu Teknologi opensource yang dibuat didalam wap forum. Teknologi ini terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dari pengguna melalui wap forum tersebut. Sepertin halnya perbaikan bugs dan masalah security.
Inti dasar dari pembuatan protokol ini adalah digunakan untuk mebuat suatu bahasa agar suatu perangkat mobile kita dapat mengakses aplikasi internet yaitu yang lebih umum kita gunakan adalah aplikasi HTTP atau lebi sering kita dengar adalah web.
Teknologi WAP ini juga dirancang berdasarkan teknologi nirkabel. Karen sudah jelas teknologi yang digunakan disini untuk perangkat mobile. Sehingga selalu dikembangkan berdasarkan teknologi nirkabel yang sudah ada saat ini seperti TDMA,CDMA dan GSM.
Berikut merupakan Referensi model dari WAP
wap layer
Berdasarkan referenesi model dari wap diatas dapat dijelaskan bahwa protokol WAP terdari kumpulan layer-layer dimana juga terdapat encasulapsi dan decasulapsi seperti pada OSI layer. Untuk protokol WAP sendiri terjadi 5 encasulapsi yaitu T-SAP,SEC-SAP,TR-SAP,S-SAP dan A-SAP dimana setiap layaer dibawahnya selalu mendukung layer diatasnya.
Bearers
Bearers disini digunakan untuk menenetukan metoda akses dari penggunaan jalur data. Jika pada GSM kita kenal dengan GPRS,SMS dsb.
Trasport Layer
Pada transport layer disinimenggunakan protokol WDP (Wireless Datagram Protokol) dimana pada protokolo ini juga memeiliki kemampuan seperti pada protokol internet yaitu ICMP namum pada prtokol ini lebih dikenal dengan WCMP meskipun kegunaanya hampir sama yaitu untuk mengontrol kondisi suatu jaringan.
Security Layer
Pada Security Layer ini dikenal dengan nama WTLS untuk masalah security-nya dimana WTLS ini hampir sama jika kita bandingkan dengan security SSL/TLS. Security ini bisa digambarkan hampir sama dengan HTTPS yang melakukan encripsi saat user akan melakukan authentifikasi.
Transaction layer
Pada layer ini protokol yang berjalan adalah WTP. Yaiut suatu protokol yang menyediakan proses transaksi yang sederhana. Antara layanan yang digunakan dengan user.
Session Layer
Pada layer ini protokol yang digunakan adalah WSP. WSP sendiri melakukan pembentukan dan pembubaran suatu hubungan antara aplikasi dengan user.
Aplication Layer
Pada layer ini terdapat suatu bahasa yang digunakan untuk membentuk suatu aplikasi yaitu WAE(Wireless Aplication Enviorenment). WAE ini digunakan untuk bahasa pemrograman seperti WML,WTAI dsb.
Kegunaan WAP
Pemilihan untuk penggunaan protokol WAP ini untuk aplikasi mobile lebih disebabkan oleh faktor-faktor dari keterbatasan dari perangkat mobile itu sendiri. Berikut merupakan kekurangan dari suatu perangkat mobile tersebut.
1.Ukuran layar pada perangkat mobile yang kecil
Seperti kita ketahui bahwa perangkat mobile ini memang didesain kecil sehingga sangatlah flexibel untuk kita gunakan kemana-mana. Namun berdasarkan perkembangan zaman, para pengguna juga tidak ingin lepas dari aktifitas mereka diinternet. Sehingga kita pengguna perangkat mobile ingin mengakses internet melalui perangkat mobile kita. Namun perlu disadari bahwa layar perangkat mobile kita sangatlah kecil dan minim. Karena hanya digunakan untuk tampilan yang sederhana saja. Padahal yang seperti kita tahu sebelumnya aplikasi HTTP atau web yang sering kita akses tersebut tidakalah aplikasi tampilan yang sederhana. Oleh sebab itu disini dibuatlah suatu protokol WAP ini yang menyediakan aplikasi web yang cocok sesuai dengan tampilan dari perangkat mobile dan lebih efisien dan tidak boros bandwidth dalam melakukan pengaksesanya.
2.Bitrate rendah
Pada perangkat mobile banyak kendala dalam masalah birate atau bahasa enaknya adalah laju data. Laju data disini disebabkan beberapa faktor, diantaranya:
1. Pengaruh dari kualitas sinyal yang didapat oleh perangkat mobile dari BTS
2. Kemampuan dari teknologi yang digunakan oleh perangkat mobile tersebut.
Seperti yang kita tahu juga sebelumnya bahwa bitrate dari aplikasi mobile ini juga kecil tidak seperti di internet. Sehingga protokol wap ini menyediakan suatu aplikasi yang hemat bandwidth. Meskipun tampilan tidaklah begitu mirip dengan aplikasi yang ada di internet namun secara fungsi aplikasi ini masih tetap disediakan. Sehingga pada aplikasi ini memang programer dari aplikasi WAP ini hanya mementingkan masalah fungsionalitas dari aplikasi yang disediakan diinternet.
Kerja dari WAP
wap topo
Sebenarnya ada dua cara pengaksesan dari suatu WAP ini, yaitu pengaksesan dengan kemampuan server web yang sudah support WML dan server web yang tidak support WML. Nah mungkin akan dijelaskan lagi apa itu WML.WML merupakan suatu bahasa script yang dijalankan pada layer aplikasi (WAE) dari model referensi WAP.
1.Server web dengan kemampuan WML
Dapat kita lihat pada gambar diatas bahwa server web dengan kemampuan WML tidak melaui Gateway filter HTML.
2.Server web tanpa kemampuan WML
Memerlukan suatu filter HTML terlebih dahulu sehingga aplikasi yang di request oleh user melalui perangkat mobile dapat diakses dengan baik.
Sehingga dapat kita simpulkan jika server web yang sudah berkemampuan wml dan tidak memiliki kemampuan bahasa wml untuk meresponse request dari user mobile. Dibedakan dengan melalui atau tidaknya dengan melalui gateway atau suatu server fileter HTML yang ada dijaringan mobile.
Mungkin akan lebih mantap juga jika dijelaskan mengenai komponen-komponen yang ada pada proses pengaksesan WAP.
1.Perangkat mobile
Perangkat mobile disini merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk mengakses internet menggunakan protokol WAP.
2.Proxy WAP
Pada komponen ini merupakan suatu proxy yang dapat memfilter paket mana saja yang akan diberikan dan diakses oleh mobile user.
3.Filter HTML
Pada komponen ini merupakan Filter HTML yang digunakan untuk menyaring suatu tag HTML yang kemudian akan diganti dengan sintax WML sehingga user mobile dapat memanfaatkan aplikasi yang disediakan.
4.Server Web
Server web disini ada yang sudah support denga wml dan ada juga yang tidak menyertakan kemampuanya terhadapat wml. Hal ini terjadi berdasarkan kebijakan dari pemilik server tersebut, akan tetapi penyelenggara jaringan mobile sudah mengantisipasi kondisi ini dengan menyediakan komponen Filter HTML.
Karena judul dari sub topik diatas cara kerja WAP maka disini juga akan dijelaskan berdasarkan gambar yang sudah disusun diatas. Seperti yang kita tahu, bahwa perangkat mobile yang kita gunakan ini memang harus menggunakan suatu aplikasi browser didalamnya yang mana kita juga sudah harus membuka port WAP kita kepada operator agar dapat mengakses internet. Kemudian saat kita melakukan request untuk mengakses internet akan ditransmisikan melalui udara dan ditangkap oleh BTS dan menuju keperangkat atau jaringan telekoumnikasi untuk akses data. Nah pada tahapan akses disini disesuaikan dengan teknologi masing-masing mobile. Setelah itu request data daru user mobile akan diproses oleh proxy server kemudian proxy server meneruskan request user ke jaringan internet. Nah pada kondisi ini request yang di kirimkan oleh user akan di response oleh server yang kemudian akan dikirimkan balik sesuai dengan route yang hampir sama dengan yang waktu melakukan request data. Nah begitu seterusnya sampai proses komunikasi ini lengkap dan semua data yang diharapkan muncul pada layar mobile user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar